PENTINGNYA MANAJEMEN KEWIRAUSAHAAN BAGI MASYARAKAT PEDESAAN DESA GAMLAMO KECAMATAN MOROTAI TIMUR KABUPATEN PULAU MOROTAI

Authors

  • Rahmat Sabuhari Universitas Khairun
  • Sulfi Abdul Haji Universitas Khairun
  • Marwan Man Soleman Universitas Khairun
  • Abdullah Wajir Jabid Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.61457/jumpa.v2i1.20

Keywords:

Pelatihan wirausaha, Potensi usaha desa, peluang bisnis

Abstract

Pemerintah Desa diharapkan mampu berdikari dan menghadapi tantangan dengan mengidentifikasi berbagai potensi usaha yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa. Lebih jauh ke depan di era globalisasi masyarakat di Kabupaten Pulau Morotai mampu berwirausaha dan menjadi salah satu pilot proyek yang dapat dijadikan peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berwirausaha di desa. Sosialisasi tentang Pentingnya Manajemen Kewirausahaan Bagi Masyarakat Pedesaan Desa Gamlamo Kecamatan Morotai Timur Kabupaten Pulau Morotai ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai kewirausahaan sekaligus guna meningkatkan taraf hidup dan menambah pendapatan masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pelatihan dilaksanakan pada bulan Mei dan Oktober 2023 di aula Kantor Desa Gamlamo.

Jumlah peserta sebanyak 20 orang Aparatur Desa dan masyarakat yang telah menjalankan usaha di desa dengan berbagai latar belakang pendidikan dan keluarga yang berbeda, serta tingkat sosial dan ekonomi yang beragam. Metode yang digunakan: metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi. Pelatihan ini berisi materi tentang dasar-dasar kewirausahaan dan kemampuan mengidentifikasi potensi usaha masyarakat pedesaan sehingga diharapkan memberikan pengetahuan yang lebih luas yang langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan dapat mengubah pola pikir tradisional kearah model usaha yang lebih maju dalam berwirausaha.

Harapan ke depan tentunya diperlukan tindak lanjut oleh Pemerintah Kecamatan Morotai Timur dan semua pihak yang terkait. Dan perlu dilakukan kerjasama yang lebih erat dan terencana antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Daerah untuk menggali potensi-potensi yang ada di wilayah pedesaan lainnya.

Downloads

Published

2023-11-28