PENGELOLAAN MANAJEMEN DAN AKUNTANSI BARANG KONSINYASI UMKM LAPIS TUGU SURABAYA

Authors

  • Soni Agus Irwandi Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Diah Ekaningtias Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Kartika Marta Budiana Universitas Hayam Wuruk Perbanas
  • Emma Yulianti Universitas Hayam Wuruk Perbanas

DOI:

https://doi.org/10.61457/jumpa.v2i1.23

Keywords:

UMKM, Lapis Tugu Surabaya, Penjualan produk konsinyasi, Produk konyisinyasi, Pengabdian Masyarakat.

Abstract

Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah untuk melakukan pendampingan pengelolaaan manajemen dan akuntansi barang konsinyasi pada UMKM Lapis Tugu Surabaya. Alasan pemilik outlet melakukan penjualan konsinyasi disamping menjual kue lapis yang menjadi brandnya yakni alasan yang mendasarinya adalah stock produk menjadi bertambah, risiko kerugian minim, dan dapat menambah keuntungan penjualan tanpa mengeluarkan modal.

Penjulan konsinyasi ini juga harus didukung oleh pengelolaan sumber daya manusia yang kompeten untuk melakukan pencatatan akuntansi barang konsinyasi Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dengan melalui tiga tahapan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan.

Tahap pelaksanaan ini berfokus pada bagaimana UMKM Lapis Tugu surabaya mampu mengelola barang atau produk konsinyasi serta memberikan pelatihan dan pendampingan peningkatan sumberdaya manusia untuk mampu melakukan pencatatan akuntansi produk konsinyasi dengan baik dan benar. pelaksanaan pengabdian masyarakat ini menginformasikan bahwa penjualan konsinyasi pada Oulet Lapis Tugu Surabaya telah berjalan sesuai dengan perlakuan akuntansi konsinyasi Terakhir adalah tahap pelaporan yang difokuskana untuk mengevaluasi penjulan barang konsinyasi dan kemampuan pegawai toko untuk melakukan pencatatan akuntansi produk konsinyasi agar program pengabdian masyarakat ini dapat terus bermanfaat bagi pemilik pemilik

Downloads

Published

2023-11-28