SOSIALISASI KONSEP MANAJEMEN BAGI SANTRIWATI DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH DARUSSALAM MARTAPURA

Authors

  • Lola Malihah Institut Agama Islam Darussalam Martapura Kalimantan Selatan
  • Husna Karimah Institut Agama Islam Darussalam Martapura Kalimantan Selatan
  • Haya Zabidi Institut Agama Islam Darussalam Martapura Kalimantan Selatan
  • Mukhlis Kaspul Anwar Institut Agama Islam Darussalam Martapura Kalimantan Selatan
  • Gina Pahriana Institut Agama Islam Darussalam Martapura Kalimantan Selatan

DOI:

https://doi.org/10.61457/jumpa.v2i2.25

Keywords:

Manajemen, Salafiyah, Santriwati

Abstract

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini berupa sosialisasi tentang konsep dasar manajemen. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah memperkenalkan kepada para santriwati di Pondok Pesantren Salafiyah Darussalam Martapura tentang pentingnya pelakasanaan konsep-konsep dasar manajemen dalam kehidupan sehai-hari. Konsep dasar manajemen yang terdiri dari Perencanan, Pengorganisasian, Pelaksanaan dan Evaluasi menjadi sangat penting para santriwati mengingat mereka tidak hanya menimba ilmu pengetahuan di Pendidikan Kesetaraan Pondok Pesantren Salafiyah, tetapi mereka juga belajar tentang ilmu-ilmu agama dengan kitab klasik di Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Kegiatan belajar yang berlangung pagi dan sore hari tersebut mengharuskan mereka untuk bisa mengatur segala sesuatunya terutama memanajemen waktu antara di pendidikan kesetaraan dan belajar agama di Pondok. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa santriwati sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Sebagian besar dari mereka sudah mulai mengatur dan membuat jadwal kegiatan mereka terutama dalam mengatur waktu belajar. Sehingga pendidikan mereka yang ada di kesetaraan dan pendidikan agama di pondok pesantren dapat berjalan lancar tanpa kendala dan dapat diselesaikan tepat waktu sehingga dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.

References

Agustinus, E., Sopiyana, M., & Mulyani, N. (2022). Sosialisasi Legalitas dan Manajemen Usaha Bagi UMKM di Tangerang Selatan. DEDIKASI PKM, 3(3), 317–322.

Amka, Widodo, A. P. A., & Thaibah, H. (2021). Manajemen Pendidikan Inklusif di Sekolah Inklusi Daerah Banjarmasin. https://plb.ulm.ac.id/id/wp-content/uploads/2022/10/1.-MANAJEMEN-PENDIDIKAN-INKLUSIF-DI-SEKOLAH-INKLUSI-DAERAH-BANJARMASIN.pdf

Anwar, M. K., Ma’mun, M. Y., Malihah, L., Taufiq, A., Murliana, M., & Maharani, D. (2022). Literasi Ekonomi dan Keuangan Syariah Bagi Santriwati Di Pondok Pesantren Al Falah Puteri Banjarbaru. Abdimakarti, 1(2), 134–139.

Bahriah, B., Malihah, L., & Habibah, N. (2022). Pengaruh Motivasi dan Disiplin terhadap kinerja karyawan BMT Khairul Amin Martapura. PERFORMANCE : Jurnal Bisnis Dan Akuntansi Universitas Wiraraja, 13(1), 7–19.

Fahroji, M. F., Hakim, L., Gulo, P. A. A., & Sunardi, N. (2021). Sosialisasi Efektifitas Manajemen Sumber Daya Manusia Pada Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera (YPMS) Pamulang Tangerang Selatan. PADMA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat., 1(3), 182–185.

Handoko, T. H. (2014). Manajemen Personalia dan Sumber daya manusia (2nd ed.). BPFE Yogyakarta.

Hasibuan, M. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara.

Karimah, H., Malihah, L., Anwar, M. K., & Hayati, S. N. S. (2023). Sosialisasi dan Edukasi tentang literasi keuangan Non tunai bagi santriwati Pondok Pesantren Salafiyah Darussalam Martapura. CENDIKIA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Uniska Kediri, 5(2).

Ridho, M. A., Ma’mun, M. Y., & Malihah, L. (2023). Analisis Potensi Pengembangan Ekonomi Mandiri Pondok Pesantren Darul Ilmi Banjarbaru. ADMINISTRAUS : Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen STIA BIna Banua Banjarmasin, 7(1), 21–30.

Siswanto. (2016). Pengantar Manajemen. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-03-27

Issue

Section

Articles